Ilmu Agama sering dilupakan

Saat ini ilmu yang wajib/yang pokok sering dilupakan.

sehingga orang tua jika melihat nilai ujian anaknya jelek, ia pasti bingung dan berani membayar mahal untuk itu. tetapi jika anaknya tidak bisa baca Qur’an, tidak Sholat, tidak tahu hukum, dll. maka kebanyakan orang tua akan tenang-tenang saja. padahal itu merupakan musibah yang sangat besar.

Menurut Imam Al Ghozali rohimahulloh ilmu dapat dibagi menjadi 3 bagian:

  1. Ilmu yang terpuji (hukum mempelajarinya Fardhu ‘Ain), yaitu: ilmu yang dapat menunjukan pada kebesaran Alloh untuk mengetahui perintah/laranganNya (hal-hal yang wajib, sunah, makruh, haram, subhat), seperti: ilmu Al Qur’an, Al Hadist, Aqidah, Fiqih, dll.
  2. Ilmu yang tercela/jahat (Hukum mempelajarinya adalah Haram), yaitu: ilmu yang tidak ada manfaatnya bahkan berbahaya, seperti: ilmu sihir, santet, dll.
  3. Ilmu yang baik yang ada manfaat di dunia (hukum mempelajarinya adalah Fardhu Kifayah), seperti: ilmu kedokteran, matematika, fisika, kimia, dll.

(Ihya’ Ulumiddin, juz-1, hal: 39-40)

Sesungguhnya diantara hamba yang memiliki rasa takut kepada Alloh adalah para Ulama’ (ahli ilmu).

Dikatakan kepada imam Syafi’i: “kapan seseorang itu bisa dikatakan ‘Alim?” kemudian beliau menjawab: “yaitu ketika seseorang dapat menyatakan ilmunya (ada bukti nyata) untuk diamalkan dan mendalami ilmu sehingga ia melihat kekurangan dirinya. Maka jika demikian baru bisa dikatakan ‘Alim” (Ihya’ Ulumiddin, juz-1, hal:26)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s