ojo golek upo naliko ngurus amanah ibadah

Guru kami mentarbiyah dengan ungkapan dalam bahasa Jawa, “ojo golek upo naliko ngurus amanah ibadah.” Tarbiyah sang guru untuk menjernihkan, membeningkan dan meluruskan niat dalam menjalankan amanah mengurus orang lain terkait ibadah. Dari niat yang bener, Insya Allah akan membuahkan amal akhirat. Karena itu guru kami memberi tambahan ungkapan, “hati-hati dengan amal yang seolah-olah itu amal akhirat, namun hakikatnya hanya hubbud dunya. Hanya mencari ketenaran, kepuasan, kemegahan dan laba dunia serta tumpukkan materi. Nah kalau bisa dan berusaha bisa jadikan amal dunia namun bernilai amal akhirat.”

Menjadi panitia qurban seolah-olah amal akhirat namun banyak yang terjebak kerusakan karena niat yang rusak. Demikian pula menjadi pengurus lembaga amil zakat. Dan juga pengurus haji dan umroh. Serta panitia atau pengurus lainnya yang ngurus amal akhirat. Maka layak menegaskan dalam sikap “ojo golek upo.” “Jangan mencari nasi” dalam urusan amanah ibadah.

Nah, tarbiyah tersebut menjadi benteng bagi siapa saja yang ingin keselamatan. Yang tidak ingin terjerumus tipu daya iblis. Para sahabat, berilah nasehat bagi kami, mana kala didapatkan prilaku kami yang tak sesuai dengan tarbiyah guru kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s