Beberapa penyakit Hati dan Obatnya (Pendidikan yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS)

Bismillah….

Hati merupakan pemimpin tertinggi dalam tubuh kita. Jika hati berpenyakit maka psikis juga akan ikut sakit, jika psikis sakit maka jasmani juga akan ikut sakit. Termasuk tanda-tanda hati hati yang sakit antara lain:

  1. Kehilangan cinta yang tulus (tidak dapat mencintai dengan benar) orang yang demikian akan sulit untuk dapat mencintai Alloh dan Rosulnya.
  2. Kehilangan ketenangan jiwa (dimasjid tidak tenang, di sekolah tidak tenang, dirumah tidak tenang,…).
  3. Punya mata dan Hati yang keras (tidak mudah menangis,terharu dan tidak dapat menerima nasehat/ilmu Alloh)
  4. Malas beramal dan ibadah (terasa berat melangkahkan kakinya menuju kebaikan)
  5. Senantiasa bangga melakukan kemaksiatan

Diantara Obatnya hati adalah:

  1. Mencari Sahabat yang jujur dan Sholeh. Sahabat sangat besar pengaruhnya. Untuk menilai baik/buruknya seseoang dapat dilihat dari siapa temannya.
  2. Pentingnya memilih lingkungan yang baik dan mendukung. Pengaruh keturunan dan pendidikan masih kalah kuat dengan pengaruh pergaulan. Mari kita renungkan QS. Ibrohim:37. (teks arab menggunakan Qur’an in Word)

!$uZ­/§‘ þ’ÎoTÎ) àMZs3ó™r& `ÏB ÓÉL­ƒÍh‘èŒ >Š#uqÎ/ Ύöxî “ÏŒ ?íö‘y— y‰YÏã y7ÏF÷t/ ÇP§ysßJø9$# $uZ­/u‘ (#qßJ‹É)ã‹Ï9 no4qn=¢Á9$# ö@yèô_$$sù Zoy‰Ï«øùr& šÆÏiB Ĩ$¨Z9$# ü“ÈqöksE öNÍköŽs9Î) Nßgø%ã—ö‘$#ur z`ÏiB ÏNºtyJ¨W9$# óOßg¯=yès9 tbrãä3ô±o„ ÇÌÐÈ  

37. Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan Kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka Jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur.

 

Yang pertama kali dipilih oleh Nabi Ibrohim untuk keluarganya adalah lingkungan yang dekat dengan Baitulloh yang penuh Berkah, kemudian memohon diberi keturunan yang ahli Sholat karena memang indikator baik/tidaknya seseorang dapat dilihat dari kualitas Sholatnya, kemudian baru memohon tentang masalah rizki agar dapat bersyukur.

(KH. Ali Masyhuri, dalam acara Haul masayih PP.AL-Falah Ploso-Mojo-Kediri, 23 Nov 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s